Sejarah Jaringan Komputer

Posted: Juni 2, 2015 in Berita Teknologi

Sebuah jaringan komputer atau jaringan data adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan komputer untuk saling bertukar data. Dalam jaringan komputer, perangkat komputasi jaringan melewatkan data satu sama lain sepanjang jaringan link (koneksi data). Data ditransfer dalam bentuk paket. Hubungan antara node ditetapkan baik menggunakan media kabel atau media nirkabel. Jaringan komputer yang paling terkenal adalah Internet.

Perangkat jaringan komputer yang berasal, rute mengakhiri data disebut node jaringan. [1] Node dapat mencakup host seperti komputer pribadi, ponsel, server serta perangkat keras jaringan. Dua perangkat tersebut dikatakan jaringan bersama-sama ketika salah satu perangkat ini dapat bertukar informasi dengan perangkat lain, apakah mereka memiliki hubungan langsung satu sama lain.

Jaringan komputer berbeda dalam media transmisi yang digunakan untuk membawa sinyal mereka, protokol komunikasi untuk mengatur lalu lintas jaringan, ukuran jaringan, topologi dan niat organisasi. Dalam kebanyakan kasus, protokol komunikasi yang berlapis pada (yaitu bekerja menggunakan) protokol komunikasi yang lebih spesifik atau lebih umum lainnya, kecuali untuk lapisan fisik yang secara langsung berhubungan dengan media transmisi.

Dukungan aplikasi jaringan komputer seperti akses ke World Wide Web, penggunaan bersama aplikasi dan penyimpanan server, printer, dan mesin faks, dan penggunaan email dan aplikasi instant messaging.

Sebuah jaringan komputer, atau hanya jaringan, adalah kumpulan komputer dan komponen perangkat keras lainnya dihubungkan oleh saluran komunikasi yang memungkinkan berbagi sumber daya dan informasi. Pada 2015 jaringan komputer adalah inti dari komunikasi modern. Komputer mengontrol semua aspek modern masyarakat beralih jaringan telepon (PSTN). Telephony semakin berjalan lebih dari Internet Protocol, meskipun tidak selalu melalui Internet publik. Ruang lingkup komunikasi telah meningkat secara signifikan dalam dekade terakhir. Ledakan ini dalam komunikasi tidak akan mungkin terjadi tanpa jaringan komputer semakin maju. Jaringan komputer, dan teknologi yang membuat komunikasi antar komputer jaringan mungkin, terus mendorong perangkat keras, perangkat lunak, dan industri peripheral. Perluasan industri terkait dicerminkan oleh pertumbuhan jumlah dan jenis orang yang menggunakan jaringan, dari peneliti untuk pengguna rumah.

Kronologi perkembangan komputer-jaringan yang signifikan meliputi:

Pada akhir 1950-an jaringan awal berkomunikasi komputer termasuk sistem radar militer semi-otomatis Tanah Lingkungan (SAGE).
Pada tahun 1959 Anatolii Ivanovich Kitov diusulkan ke Komite Pusat Partai Komunis Uni Soviet rencana rinci untuk re-organisasi dari kendali angkatan bersenjata Soviet dan ekonomi Soviet atas dasar jaringan pusat komputasi. [ 2]
Pada tahun 1960 maskapai penerbangan sistem reservasi komersial semi-otomatis lingkungan penelitian bisnis (SABRE) pergi online dengan dua mainframe yang terhubung. Topologi Jaringan Komputer


Pada tahun 1962 J.C.R. Licklider mengembangkan kelompok kerja yang disebut “intergalaksi Komputer Jaringan”, sebagai awal dari ARPANET, di Advanced Research Projects Agency (ARPA).
Pada tahun 1964 para peneliti di Dartmouth College mengembangkan Sharing System Dartmouth Waktu untuk pengguna didistribusikan sistem komputer besar. Pada tahun yang sama, di Massachusetts Institute of Technology, sebuah kelompok penelitian yang didukung oleh General Electric dan Bell Labs menggunakan komputer untuk rute dan mengelola sambungan telepon.
Sepanjang tahun 1960, Leonard Kleinrock, Paul Baran, dan Donald Davies dikembangkan sistem jaringan yang digunakan paket untuk mentransfer informasi antara komputer melalui jaringan.
Pada tahun 1965, Thomas Marill dan Lawrence G. Roberts menciptakan jaringan luas pertama (WAN). Ini adalah prekursor langsung ke ARPANET, yang Roberts menjadi manajer program.
Juga pada tahun 1965, Western Electric memperkenalkan telepon beralih secara luas digunakan pertama yang dilaksanakan kontrol komputer yang benar.
Pada tahun 1969 University of California di Los Angeles, Stanford Research Institute, University of California di Santa Barbara, dan University of Utah menjadi terhubung sebagai awal dari jaringan ARPANET menggunakan 50 kbit / s sirkuit. [3]
Pada tahun 1972 layanan komersial menggunakan X.25 dikerahkan, dan kemudian digunakan sebagai infrastruktur dasar untuk memperluas jaringan TCP / IP.
Pada tahun 1973, Robert Metcalfe menulis sebuah memo resmi di Xerox PARC menggambarkan Ethernet, sistem jaringan yang didasarkan pada jaringan Aloha, dikembangkan pada tahun 1960 oleh Norman Abramson dan rekan-rekannya di University of Hawaii. Pada bulan Juli 1976, Robert Metcalfe dan David Boggs menerbitkan makalah mereka “Ethernet: Distributed Packet Switching untuk Jaringan Komputer Lokal” [4] dan berkolaborasi pada beberapa paten yang diterima pada tahun 1977 dan 1978. Pada tahun 1979 Robert Metcalfe diupayakan membuat Ethernet standar terbuka [5. ]
Pada tahun 1976 John Murphy dari Datapoint Corporation menciptakan ARCNET, token-passing jaringan pertama digunakan untuk berbagi perangkat penyimpanan.
Pada tahun 1995 kapasitas kecepatan transmisi untuk Ethernet meningkat dari 10 Mbit / s untuk 100 Mbit / s. Pada tahun 1998, Ethernet mendukung kecepatan transmisi Gigabit a. Kemampuan Ethernet untuk skala mudah (seperti cepat beradaptasi untuk mendukung kecepatan baru kabel serat optik) merupakan faktor yang berkontribusi terhadap terus menggunakan sebagai 2015. [5]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s